Selasa, 02 April 2013

NAMA        : DEBBY MARLIANI
KELAS       : 2EA26
NPM           : 11211782

Membuat peta wilayah Indonesia. Fokus dengan 1 provinsi dengan perbatasan dengan negara luar. Tandai 8 pulau Indonesia terluar. Ceritakan kondisi salah satu dari 8 pulau.

Pulau Arakula
Pulau Wetar
Pulau Kisar

Pulau yang saya pilih adalah Pulau Kisar

Tak banyak orang mengenal Pulau Kisar. Memang pulau ini kecil dan letaknya di Kabupaten Maluku Barat Daya, dan termasuk salah satu pulau terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste. Begitu dekatnya dengan Timor Leste, begitu ada kabar Ramos Hosta datang ke pulau ini, jadi bahan berita. Seolah-olah negara Timor leste ingin mencaplok pulau ini.Kendati tak begitu luas. karena luasnya hanya 75 kilometer persegi, namun pulau ini mempunyai pantai yang indah dan diberi nama Pantai Nama. Keistimewaan pantai Nama adalah .bisa membeli ikan segar di sana dan bisa langsung dibakar dan disantap bersama-sama. Wah yang jelas nikmat sekali. Pantai Nama ini sendiri cukup indah, ada suasana kesegaran tersendiri disini. Debur ombak yang pelan-pelan namun menyejukan hati. Selain itu di pulau ini tumbuh jeruk yang rasanya manis dan segar. Konon kabarnya jeruk ini hanya ada di Pulau ini saja.Secara cuaca.pulau ini memang cenderung cukup panas, tapi pemandangan dengan banyak pohon-pohon aren maupun pohon-pohon lainnya di kiri dan kanan, membuat pulau ini nampak hijau. Tetapi bila tiba musim kemarau maka semua pohon menjadi layu dan nampak gersang sekali. Jalanan beraspal yang naik turun adalah pemandangan di pulau ini. Penghuninya tidak banyak, diperkirakan ada 4 desa, namun sumber airnya cukup melimpah, karena itu mudah mengambil air melalui sumur bersama yang terdapat di tengah desa.

MENYIMPAN SEJARAH

Pulau terselatan di Maluku, cukup banyak menyimpan sejarah. Belanda pernah mendirikan kantor administrasi sebagai basis pengambilan rempah rempah dari wilayah Pulau Pulau Terselatan lain, seperti Pulau Leti, Pulau Liran, Pulau Meatimiarang, dan Pulau Wetar. Di pulau ini terdapat satu gereja peninggalan Belanda yang kondisinya hancur.Selain itu juga ada beberapa bangunan dengan sentuhan Belanda

BAGAIMANA MENUJU PULAU INI?
Sekarang bagaimana caranya mencapai Pulaui Kisar ? Pertama, harus terlebih dahulu sampai ke Bandara Pattimura, Ambon dan baru dari sana Anda menaiki pesawat Merpati kecil ke pulau Kisar yang bisa memakan waktu sekitar 1 jam 45 menit. Masalahnya, pesawat kecil ini hanya ada pada hari-hari tertentu, jadi harus jauh-jauh hari booking tiket terlebih dulu. Selain itu kapasitas pesawat juga terbatas, hanya untuk 20 orang. Harga tiket pesawatnya berkisar Rp 350.000 sudah termasuk airport tax.Dari Bandara Kisar, tidak ada taksi, yang ada hanya ojek, dengan ongkos sekitar
Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu perorang atau sewa mobil menuju tempat tujuan. Untuk mencapai kota Wonreli , sebagai ibukota dari pulau Kisar membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Sedangkan untuk mencapai pantainya yang cantik, yang bernama Pantai Nama, perlu waktu sekitar 15 menit.

sumber:

MENU MAKANAN FAVORIT
Makanan favorit saya adalah gado gado. Saya menyukai gado gado ini sejak saya kecil. Saya tidak pernah bosan makannya sampai saya kuliah sekarang.

RESEP:

Cara Membuat:

Tempe dan Tahu: Rendam dalam air garam, goreng.Tiriskan.
    Sayuran : Rebus masing-masing sayuran secara terpisah. Tiriskan.
    Khusus untuk bayam/kangkung dan taoge rebus sebentar saja kurang lebih 1 - 2 menit. Tiriskan.
    Saus: Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama daun jeruk purut hingga matang & berbau harum.
    Tuangi santan kemudian berturut-turut masukkan gula merah, garam dan air asam. Didihkan.
    Kecilkan api, tambahkan kacang tanah halus, masak sampai saus mengental.
    Tambahkan kecap manis, aduk rata. Angkat. Cicipi, jika perlu tambahkan garam atau gula sesuai selera.

Cara Penyajian:

Susun semua bahan dalam piring saja. Tuangi saus kacang di atasnya.
    Santap Gado-Gado dengan kerupuk udang atau mlinjo dan sambal bawang jika suka pedas.

Pengalaman terindah di tempat wisata
Saya liburan ke tangkubanperahu bersama teman-teman SMA saya. Sekitar pukul 07.00 kita sudah mengumpul semua. Lalu kita mulai berangkat dengan menggunakan bis. Setibanya disana, kira kira pukul 10 pagi. Kita beristirahat sebentar. Setelah beristirahat, kita melanjutkan perjalanan kesana. Disana udaranya sangat dingin dan sejuk. Pemandangan yang bagus juga sangat menarik perhatian saya. Ada kawah putih yang bisa kita lihat kearah bawah. Disana kita foto foto, makan makan. Pengalaman liburan ini sangat seru dan tidak akan pernah saya lupakan. Banyak kejadian seru juga yang terjadi selama di tangkubanperahu. Setelah dari tangkubanperahu, saya lanjut pergi ke ciwalk disana kita makan makan lagi dan belanja baju untuk oleh oleh setelah pulang dari sana.

Jika saya menjadi pemimpin dengan hanya 2/3 air
Jika saya menjadi pemimpin dengan hanya 2/3 air saya akan membuat pemancingan. Kenapa saya membuat pemancingan? Karena pemancingan menurut saya sangat perlu. Selain untuk menyalurkan hobi memancing, tentu saja kita bisa mendapatkan ikan jika berhasil memancing dan bisa dijual kembali lalu bisa mendapatkan uang setelah menjual hasil pancingan tersebut.