Selasa, 12 November 2013

TULISAN KE- 4


 
TENTANG CINTA

Kalian pada tau nggak, kalau cinta itu sebenarnya punya makna yang sangat luas?

Cinta adalah keinginan berbagi perasaan diantara dua orang yang menginginkan kebahagiaan bersama. Cinta sama sekali nggak mengedepankan rasa cemburu, apalagi pertengkaran. Cinta adalah sebuah perasaan yang positif. Kalau cinta yang lo miliki direcokin sama ketidakpercayaan, cemburu, keinginan menguji, atau dendam itumah namanya bukan cinta beneran itu cuma bayang-bayang cinta yang kusam.

Cinta adalah penyerahan total hati lo pada seseorang yang lo yakini akan menjaganya dengan lebih baik. Cinta bikin perasaan lo bahagia dan bikin lo ingin menjadi seorang yang lebih baik. Jadi, kalau cinta justru bikin lo sedih apalagi menggiring lo untuk melakukan sesuatu yang merusak diri sendiri, itu bukanlah cinta yang sesungguhnya.
Cinta itu nggak pernah menggerogoti hati lo, tapi justru mengangkat dan membuat hati lo bersinar. Ada pertanyaan?

Lo tau nggak? Cinta itu sendiri terdiri dari bermacam-macam komponen. Menurut Professor Sternberg, komponen-komponen cinta adalah birahi, keintiman, dsn keterikatan.

Birahi adalah bagian dari cinta yang sangat kuat dan pekat. Muncul birahi cepet banget dan dinyatakan dalam bentuk pelukan, ciuman, sentuhan dan persetubuhan. Birahi itu kayak narkoba, sesuatu yang bikin ketagihan dan dipuaskan dengan cepat.

Keintiman adalah unsur emosional dari cinta yang dibagi lagi atas sub-sub unsur seperti:
-      Saling dekat
-      Saling berbagi rasa dan penghayatan
-      Komunikasi
-      Dukungan


Jika hubungan nggak berjalan dalam jangka panjang, keintiman akan layu dan mati.

Komitmen adalah kepentingan dan pelibatan diri kita pada diri seseorang. Untuk pasangan,komitmen dinyatakan dengan perkawinan. Terus, lo bareng-bareng deh nerusin hubungan ini melewati masa-masa senang dan susah.

Ketiga komponen cinta tadi itu bentuk kombinasi-kombinasi yang berbeda. Kombinasi itu berdasarkan jenis hubungannya, seperti berikut ini:

Sayang
Banyak persahabatan didasarkan pada rasa sayang yang mempunyai unsur kehangatan. Hubungan persahabatan mengandung unsur keintiman, tetapi nggak mengandung birahi atau komitmen.

Cinta buta
Jenis cinta ini hanya mengandung birahi. Umumnya, cinta lewat padanganan pertaman tergolong dalam cinta jenis ini. Jadi lo nggak usah deh kelewt bangga kalau lo jatuh cinta pada pandangan pertama. Cinta buta nggak mengandung keintiman atau komitmen.

Cinta kosong
Adalah cinta yang dibangun dengan unsur komitmen, tetapi nggak ada keintiman dan birahi. Hal itu sering terjadi pada pasangan yang udah nikah bertahun-tahun, terus bosen, dan kehilangan birahi antara yang satu terhadap yang lainnya.

Cinta romantis
Yang ini beda banget dengan cinta buta. Kedua pasangan betul-betul saling sayang dan saling memiliki passion. Jadi ada keintiman dan birahi, tetapi nggak terikat untuk hidup bareng.

Cinta lengkap
Setiap orang pasti pengen dan mendambakan cinta yang kaya gini. Hanya cinta yang lengkap yang mencakup semuanya: intimitas, komitmen, dan passion.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar